Kamis, 08 Maret 2012

Membuat UFO bergerak mengikuti mouse

Halo semua, kebetulan kemarin dapat tugas untuk membuat animasi flash menggunakan Actionscript. Setelah searching di google akhirnya ketemu sebuah web (pengen tau webnya klik disini) yang menarik. Setelah mengikuti tutorial di web itu lalu saya modifikasi sedikit, akhirnya saya berhasil membuat UFO bergerak mengikuti mouse. :D dan sekarang saya ingin berbagi tentang pekerjaan saya itu.
  • Pertama buka adobe flash anda (saya menggunakan adobe flash profesional CS 3)

klik untuk memperbesar gambar
  • Lalu klik Flash file (Actionscript 2.0), sehingga akan muncul dokumen baru.
 
klik untuk memperbesar gambar

  • Setelah itu buat sebuah gambar UFO seperti di bawah ini (gambar bisa di sesuaikan dengan selera anda)
klik untuk memperbesar gambar
  • Setelah gambar selesai.klik gambar lalu klik kanan > convert to symbol > movie clip
  • kini UFO telah menjadi movie clip, klik gambar UFO lalu lihat properties panel ubah instance name-nya menjadi UFO_mc
klik untuk memperbesar gambar

  • sekarang kita atur actionscriptnya. klik frame lalu klik kanan > klik action
klik untuk memperbesar gambar
  • lalu dipanel action-frame, tuliskan script berikut :
klik untuk memperbesar gambar

  • Keterangan script :
  • Baris 2 : objek mengikuti mouse (vertikal)
  • Baris 3 : objek mengikuti mouse (horizontal)
  • Baris 4 dan 5 : jarak dari kursor mouse ke objek ( angka 1 di belakang bisa di ganti antara 1-10)
  • Baris 6 : mengatur rotasi ( angka 50 bisa di ganti dari 0-180 atau lebih)
  • tekan CTRL + enter untuk mengetes pekerjaan anda. Jika berhasil maka hasilnya akan seperti ini (saya menambahkan latar belakang untuk pekerjaan saya ini)
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan