Jumat, 06 April 2012

Merintis mobil masa depan

Apa yang anda pikirkan tentang masa depan ? dan apa yang anda pikirkan tentang mobil masa depan ? di masa depan mungkin kita akan temui mobil yang tembus pandang, bisa terbang, hemat bahan bakar, atau mungkin dapat mengemudi sendiri. Jika itu semua yang anda bayangkan mungkin semuanya akan benar-benar terjadi. Coba lihat dan perhatikan video-video di bawah ini :)
 
MOBIL TEMBUS PANDANG
  
 
Kalau anda bertanya-tanya bagaimana sebuah mobil bisa tembus pandang, maka video di atas akan menjelaskannya. Pertama kali saya mendengar tentang mobil ini saya pun terheran-heran. Tapi, setelah melihat video ini saya sedikit mengerti cara kerja mobil tembus pandang :D Jika mobil ini terus di kembangkan tentunya akan berguna untuk mobil mata-mata atau bisa juga untuk memotret kehidupan alam liar. Atau berbagai kebutuhan lainnya yang tidak bisa di lakukan jika mobil tidak tembus pandang.

MOBIL TERBANG


Mobil terbang ini di namakan terrafugia. Kalau di perhatikan dari pada di sebut mobil terbang mungkin terrafugia lebih cocok di sebut pesawat terbang portable :p Tapi tentu saya terrafugia saat ini masih terus di kembangkan, sehingga bukan tidak mungkin mobil ini di kemudian hari bentuknya akan semakin kecil dan praktis untuk dikendarai. Jika anda tertarik untuk menjadi investor terrafugia silahkan kunjungi terrafugia.com

MOBIL HEMAT BAHAN BAKAR


Untuk mengurangi pemakaian bahan bakar fosil, maka sekolompok mahasiswa di Indonesia membuat sebuah mobil bernama "Sapu Angin". "Sapu Angin" terdiri dari beberapa model seperti "Sapu angin 3,4,5 dan rencananya "Sapu Angin 6-7" akan di perlombakan dalam Shell Eco Marathon Asia 2012 di Malaysia pada Juli mendatang. Pada Shell Eco Marathon Asia 2011 "Sapu Angin 4" buatan mahasiswa ITS ini memenangkan kategori urban concept dengan nilai efisiensi 150 kilometer perliter. Tapi mirisnya mobil ini pernah ditahan oleh pihak Bea Cukai. Mungkin karena ga kebagian hadiah lombanya kali ya :p Upss salah...
Tapi ya sudahlah, saya doakan sukses untuk ITS :)

MOBIL YANG MENGEMUDI SENDIRI


Yang terakhir self-driving car dari google. Mungkin anda tidak menyangka bahwa mesin pencari raksasa google memiliki proyek seperti ini.Dengan kemampunan finansial dan sumber daya manusia yang dimiliki google proyek seperti ini tidaklah mustahil. Mobil ini di uji cobakan kepada seorang penyandang tuna netra bernama steve mahan. Di temani seorang perancang dari google di bangku penumpang, mobil tersebut mengemudi secara otomatis sesuai tujuan dari steve. Mobil tersebut melaju dengan lancar melewati tiap belokan dan berhenti sesuai tujuan. Luar biasa bukan !?

20 tahun atau 10 tahun mendatang mungkin mobil-mobil di atas akan bertebaran di jalan-jalan seluruh dunia. Tapi tentunya dengan segala penyesuaian sesuai kebutuhan. Itulah inovasi, Dia ada karena timbulnya masalah dan kebutuhan. Temukan masalah, cari solusi dan buatlah inovasi :)

Sumber : T3, Yahoo, Terrafugia

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan